Just a Blog, Not The Other...

blogger upn

Senin, 21 November 2011

21 Nov, Hari Pohon : Mem-Pohon-kan Masyarakat






Pohon, salah satu penyumbang kadar oksigen di muka bumi, adalah tempat berteduh maupun singgah sejenak ketika cuaca sedang panas-panasnya. Tak hanya itu saja, Pohon juga memproduksi buah, sebagai komoditi utamanya dimana berbagai macam buah dihasilkan dalam berbagai jenis pohon. Manfaat lainnya ?, tentu saja untuk kepentingan rumah tangga, properti, pembuatan kertas dan lainnya. Dari kumpulan fakta diatas, kesimpulannya adalah, apapun yang ada didalam sebuah pohon maupun diluarnya, isi maupun kulitnya, semuanya bermanfaat dan tidak terbuang sia-sia.

Kalau kita liat gambar diatas, sekelompok anak-anak yang sedang bermain sepakbola merasa nyaman ketika mereka berada di tengah-tengah sekelompok pohon yang kokoh menjulang dengan daunnya yang rindang sekali. Padahal lokasi tersebut tepat berada di tengah jalan raya yang biasanya dilewati bis kota, mobil lalu lalang hingga sepeda motor yang saling ngebut-ngebut'an.

Gambar diatas menunjukkan salah satu program yang dicanangkan PEMKOT Surabaya yakni Car Free Day yang dimulai pertengahan 2009 mulai mendapat respon dari masyarakat Surabaya, dimana banyak yang melakukan aktifitas-aktifitas olahraga maupun sekedar jalan-jalan pagi. Setiap minggu pagi, dibuka untuk umum hingga menjelang jam 10 pagi. Dengan adanya program ini, pohon-pohon yang ada disekeliling merasa "istirahat sejenak" dari rutinitas sehari-hari dimana banyak kendaraan, berarti menambah "jam kerja" pohon.

21 November, Hari Pohon, masih ingat di benak, pertengahan 2007, ketika mengadakan kegiatan pencabutan paku yang menancap di pohon di sekitar jalan dharmawangsa surabaya. Sebagai bentuk kepedulian atas "hari ulang tahun pohon sedunia", mencabuti paku dan iklan-iklan yang tidak bertanggungjawab merusak keindahan pohon dan ekosistemnya. Ini masih dalam skala kecil, bagaimana dengan ratusan ribu juta pohon yang ada di hutan, yang tentunya skalanya lebih besar. Eksploitasi besar-besaran dan keserakahan manusia yang membuat ratusan ribu juta berkurang dari tahun ke tahun.

" Apakah anda merasa sejuk, teduh bahkan nyaman hanya dengan melihat gambar ini ? "

Kalimat diatas bisa saja terjadi, kita hanya bisa menikmati pohon dari gambar saja, menikmati nyamannya, teduhnya bahkan sejuk yang tidak dapat kita temui sehari-hari. Semua itu bisa dicegah dengan merawat pohon yang ada, menanam, hingga memperlakukan pohon, selayaknya makhluk hidup. One man one tree.
Terima kasih pohon.




6 comments:

rofi mengatakan...

maanteep boi.....shippp......daftarkan Link blog disini..

http://mrofiuddin.blogspot.com/p/link-exchange.html

jadwal grebeg suro 2011 dan Festival Reyog Nasional XVIII mengatakan...

memang pohon sangat penting mas fungsinya...sebagai paru-paru dunia dan juga mengurangi bencana banjir...mari kita lestarikan hutan kita...

Tituitbom.Com - News and Tips Tricks mengatakan...

kalo gak ada pohon ya katakan selamat tinggal aja .. kwaokowa

Septian Dwi mengatakan...

nice info sodara....
bnyk pohon bumi mkin teduh..........

komment balik yaaa
follow n tker link jg yaaa

JIMMY mengatakan...

banyak pohon, badan sehat, banyak rezeki, makin asri..
coba deh di kota gw jakarta banyak pohon2 pasti udaranya sejuk banget deh

SALAM,

http://entertainmentgeek-jimmy.blogspot.com/

phrairin mengatakan...

dari jombang juga dah ada car free day...
Yang penting sekarang gimana kita bisa hemat menggunakan SDA yg ada...

Posting Komentar

Terima Kasih sudah berkunjung, maka langkah selanjutnya adalah :
1. Silahkan Ber-Comment, No SARA, yang penting GEMBIRA...
2. Tukar Link blog anda di Halaman/Page Tukar L.I.N.K
3. Silahkan Berkunjung Kembali.

Semoga Mendapat Berkah.. Amin..


Created with flickr slideshow.

blognya HMSF'08 Copyright © 2011 | Template Blog dibuat oleh O Pregador | Didukung oleh Blogger