Just a Blog, Not The Other...

Kamis, 27 Desember 2012

GPS atau Gunakan Penduduk Sekitar ?



Apakah anda adalah seseorang yang suka bepergian ?
Apakah anda termasuk orang yang sering menggunakan peta ?
Atau anda sering salah arah dalam bepergian ?

Pertanyaan diatas bukanlah sebuah kuis yang berhadiah bombastis... bukan pula promosi barang gratis.. tapi suatu gaya hidup dalam ber-traveling...

Dalam suatu perjalanan menuju tempat atau lokasi yang belum pernah kita kenal sebelumnya, tentunya kita akan bertanya kepada seseorang yang mengenal tempat atau lokasi tersebut. Meskipun seorang abang tukang bakso ataupun pak satpam, asalkan tau seluk beluk tempat atau lokasi yang akan kita tuju, pasti diberitahu tempat yang kita tuju tersebut...

Beda lagi dengan seseorang yang memakai gadget sebagai penunjuk arah. Beruntunglah orang yang hidup di jaman gadget canggih, asalkan ada GPS, kita bisa langsung menuju lokasi tanpa bertanya kepada penduduk sekitar. Contoh lain adalah google map yang siap dipakai di semua perangkat dan siap digunakan apabila kita berada dalam suatu perjalanan jauh..


Namun, manakah yang efektif.... GPS atau Gunakan Penduduk Sekitar ? 
Contoh pengalaman yang dialami oleh penulis, pernah berkunjung ke bengkulu.. karena gak tau jalan, coba-coba aja pake google map. Mungkin karena kepedean, langsung aja tancap gas... eh gak taunya salah sasaran.. akhirnya tanya penduduk sekitar. Memang ampuh 100% langsung totok jedok. 

Dari pengalaman diatas, memang GPS itu membantu dalam pencarian lokasi yang akan kita tuju, tapi memang lebih ampuh kalau pake GPS lainnya alias Gunakan Penduduk Sekitar. Tergantung wilayah yang kita kunjungi, apakah ada di GPS atau tidak hehehehe.


Selasa, 16 Oktober 2012

SKRIPSI : AUDIT SISTEM INFORMASI DENGAN COBIT 4.1 MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA


            Assalamualaikum, dan salam blogger. Kali ini ada sedikit postingan mengenai skripsi yang telah saya tempuh. Skripsi ini adalah salah satu syarat mahasiswa tingkat akhir dalam menempuh sarjana strata pertama. Sebagai mahasiswa sistem informasi, wajib tau apa itu audit sistem informasi, agar nanti tak ketinggalan kereta jaman. Berikut abstrak dari skripsi :


UPN “Veteran” Jawa Timur sebagai universitas yang didukung oleh layanan teknologi informasi dan sistem informasi, tentunya memiliki biro teknologi informasi, yakni Unit Pelaksana Teknis (UPT) Telematika yang menjadi salah satu sarana pelayanan teknologi informasi dan sistem informasi dimana terdapat berbagai macam layanan informasi baik akademik maupun non akademik yang diperuntukkan bagi mahasiswa dan masyarakat secara umum. 

Namun dalam pengelolaan UPT Telematika “Veteran” Jawa Timur dinilai masih belum maksimal dalam hal manajemen sumber daya manusia teknologi informasi yang dimana pengelolaan manajemen SDM terdiri dari perekrutan yang terkendala ketersediaan pagu Universitas hingga pelatihan kompetensi yang kurang merata.



Dalam mengatasi permasalahan tersebut, diperlukan penerapan audit sistem informasi terhadap ruang lingkup manajemen sumber daya manusia teknologi informasi di UPN “Veteran” Jawa Timur terutama pada UPT Telematika menggunakan panduan standar COBIT 4.1 dengan domain Plan and Organize khususnya manajemen sumber daya manusia untuk teknologi informasi. Control Objectives for Information and Related Technology (COBIT) 4.1 sebagai panduan untuk pengelolaan tata kelola organisasi teknologi informasi dan digunakan sebagai acuan untuk menghasilkan dokumen yang berupa temuan dan rekomendasi.
            
           Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa apabila diukur dengan Maturity Level (tingkat kematangan) dari COBIT 4.1, UPT Telematika berada di level 2 yakni Repeatable but Intuitive artinya terdapat proses teknologi informasi saat ini dilakukan secara berulang-ulang namun belum ada perubahan yang terjadi dalam jangka waktu terdekat. Selain pengukuran, juga terdapat hasil temuan dan rekomendasi yang dalam tujuan jangka panjang dapat diterapkan dalam pengelolaan SDM di UPT Telematika.
 
            Demikian abstrak yang dapat saya shared, mungkin selanjutnya akan ada jurnalnya yang akan dipublish/dapat didownload oleh temen-temen blogger semua...

Kamis, 17 Mei 2012

Futsal dan Sepakbola : Beda Cara, Beda Rasa


FUTSAL atau sepakbola ? 
SEPAKBOLA atau futsal ? 

Semua orang seluruh Indonesia maupun dunia pasti tau kalau kedua olahraga bola kaki merupakan olahraga paling populer dan disukai banyak kalangan. Sama-sama menggunakan bola sebagai peran utama di lapangan, pilihan dan selera orang tentu berbeda-beda.

"MANA YANG POPULER, FUTSAL ATAUKAH SEPAKBOLA ?"

        Sepakbola dari jaman Beckenbauer, Bima Sakti (kalau blum tau, cek di mbah google) hingga jaman Cristiano Ronaldo, memang mampu menarik animo masyarakat pada umumnya. Pertandingan yang penuh taktik, penuh pemain bintang di lapangan dan hasil yang kadang menyenangkan,kadang menyakitkan bahkan sampai tawuran ckckckckckkk....


       Sepakbola, sejak sebelum masehi permainan bola kaki diperkenalkan oleh bangsa mesir kuno, cina hingga  jepang. Dan untuk pertama kalinya secara resmi, tahun 1863 negara Inggris membentuk badan sepakbola yakni FA (football association). Bandingkan dengan futsal yang diperkenalkan di Montevideo Uruguay tahun 1930-an dimana diperkenalkan sebuah olahraga mirip sepakbola yang memakai ruangan alias lapangan indoor. 

        Memang saat ini, di jaman yang serba instan, masyarakat menginginkan olahraga yang menurut opini masyarakat paling populer dapat dilakukan dimana saja. Futsal misalnya bisa dilakukan dimanapun kapanpun. Saat ini pun mulai menjamur tempat-tempat futsal di kota besar maupun perkampungan. Sehingga dalam prakteknya, futsal memang lebih mendominasi. Lain halnya dengan sepakbola, masyarakat suka melihat sepakbola dalam televisi maupun di stadion untuk mendukung tim kesayangannya.

         Kesimpulannya adalah futsal dan sepakbola sama-sama menarik untuk diikuti dan ditekuni, karena olahraga itu menyehatkan badan. Mau pilih futsal, mau pilih sepakbola adalah opini anda sendiri untuk menentukannya.

NB : Juni nanti Euro 2012, siapa yang jadi juaranya ya?

sumber gambar : google.com

Sabtu, 28 April 2012

Susah Senang Jadi Mahasiswa Tingkat Akhir


     "Sidang proposal, revisi proposal, masuk laporan, revisi laporan, ketemu dosen pembimbing.... analisa, programming, analisa, programming, futsal,cangruk di warung..."  
     
     Itulah keseharian dari saudara-saudara sistem informasi upn jatim angkatan 2008 yang tengah menjalani proses tugas akhir yang menegangkan. Setiap waktu digunakan secara maksimal agar apa yang dikerjakan bisa maksimal juga. Jika otak udah panas mendidih, tak lupa refreshing semisal main flatout2, PES 2012 atau browsing dan chatting.

diskusi hangat antar mahasiswa tingkat akhir

     Selain mengerjakan skripsi a.k.a tugas akhir, juga ada hal-hal yang berbau kesehatan dan kebugaran. Kalau di indonesia ada Liga Super Indonesia dan Liga Primer Indonesia, perkenalkan liga baru bentukan dulur-dulur sistem informasi upn jatim angkatan 2008 yakni LPU ( LIGA PAVING UPN ) yang diselenggarakan di Stadion SANTIAGO BERDEBU alias BERPAVING

salah satu tim peserta LPU

     Tak lupa juga selain kegiatan diatas, juga ada kajian,siraman rohani dan mentoring yang dikemas dengan apik oleh bapak kepala jurusan sistem informasi, Nur Cahyo Wibowo,S.Kom,M.Kom. Alhasil ruangan dosen pun, disetting untuk mentoring sekaligus nonton bareng film "The Message". Kawan-kawan sistem informasi 2008 pun banyak juga berpartisipasi dalam kegiatan tersebut.
    
     Jadi pada intinya adalah, semua mampu dilakukan asalkan secara bersama-sama atau berkelompok, kalau sendiri-sendiri pasti bingung pada mau ngapain....

     Sekian dan terima kasih sudah mau mendengar dan menghayati posting ini. Mohon maaf apabila di bulan ini tidak banyak posting karena TS lagi TA. SALAM SEMANGAT !!!

Jumat, 30 Maret 2012

Musik Patrol Jabal Nur : Eksistensi Alunan Budaya


      Budaya Nusantara merupakan salah satu cagar budaya yang harus kita jaga dan pelihara. Namun, budaya kita saat ini bagaikan sang surya tenggelam, ditengah-tengah budaya luar yang banyak menyerbu budaya asli daerah. Sudah saatnya kita, sebagai masyarakat yang berada di lingkungan budaya daerah, untuk ikut melestarikan budaya sendiri.

      Nah, dari kesimpulan diatas, ada suatu komunitas musik yang lain dari biasanya, perform bisa outdoor hingga indoor dan yang tak kalah menariknya, peralatan yang seadanya pun dapat dijadikan alat musik. Yap, Musik Patrol Jabal Nur, berdomisili di rungkut gunung anyar kidul surabaya, dengan personil yang rata-rata masih anak sekolah, menambah kreatifitas dalam meng-alunkan atau meng-aransemen lagu yang dibawakan.

       Berikut adalah beberapa foto di acara besar yang sudah dilaksanakan oleh musik patrol jabal nur :


gambar 1 : Acara KOPDAR Blogger Nusantara 2011, Sun City Mall, Sidoarjo


      gambar 2 : Acara Blogilicious 2011, UPN "Veteran" JATIM, Surabaya

      Dan juga beberapa prestasi di kompetisi maupun lomba-lomba yang diraih musik patrol jabal nur :


gambar 3 : Juara 2 Festival Musik Patrol 2011, Balai Kota, Surabaya


 gambar 4 : Juara 2 Festival Musik Patrol 2011, Taman Bungkul, Surabaya

      Tidak mudah untuk melestarikan kebudayaan daerah sendiri, tak peduli dari mana asal KITA, yang terpenting jaga spirit BUDAYA KITA..!!!

      SALAM PATROL JABAL NUR,,,

      NB : Kalau mau kontak telepon, booking, atau yang lain, silahkan hubungi

      - Mas Ardi (085645040610) 
      - Pak Ali (08563003356)
      - Join on Facebook :  Patrol Jabalnur
      - Follow on Twitter : MusikPatrol Jabalnur (patrol_jabalnur)

Minggu, 18 Maret 2012

Perjalanan Jasmani : Gowes di Taman Bungkul


     Gowes... kata-kata ini semakin populer dikalangan masyarakat saat ini. Memang pola hidup masyarakat sekarang yang lebih serba instan untuk menjaga kebugaran tak selamanya berhasil. Bersepeda mungkin adalah solusi terbaik untuk menjaga kebugaran. Apalagi jika dilakukan pada pagi hari yang sejuk, "full of oxygen" alias sejuk poolll...

     Minggu, 26 februari 2012, bersama saudara saya didit serva andrianto dan teman dekatnya, bersepeda ke taman bungkul. tepatnya dekat mobil polisi ( kalau terlalu dekat, nanti dikira kayak intel/mata2.. heehhehe ) dan mobil bertuliskan salah satu produk kripik pedas nasional ( tau lah kamsutnya...). 

     Mengapa di taman bungkul?? karena kami punya janji terikat dengan saudara lainnya yakni saudara akhmad ardianto, dimana saat itu, kelompok musik patrol binaannya akan "live perform" di sekitar taman bungkul. Musik Patrol Jabal Nur, nama dari kelompok binaan saudara ardi. Kelompok musik patrol ini sudah dikenal sejak kehadirannya dalam acara-acara gede di FTI UPN "Veteran" Jawa Timur sehingga kami kenal dengan cara bermain musik dengan banyak alat musik yang bernafaskan gamelan jawa ( Tunggu postingan saya tentang musik patrol jabal nur ).   


     Selain berkeliling untuk mempromosikan diri, saudara ardi juga membagi-bagikan stiker dari musik patrol jabal nur. Beruntungnya dapet 3 stiker dari saudara ardi. Mudah-mudahan kelompok musik patrolnya makin sukses dan sehat selalu... looohhh.....Nah, sekitar jam 9 pagi, saya berpisah dengan saudara didit dan saudara ardi untuk kembali ke habitat utowo rumah. karena akan ada agenda lagi yang harus diselesaikan. CMIIW...

     Sekian dan terima kasih, semoga postingan kali ini memberikan inspirasi bahwa blogger juga harus hidup sehat. Salam Blogger UPN. 

Minggu, 11 Maret 2012

10 Maret : Hari PARFI, Wadahnya Seniman Akting Nusantara

     Salah satu bidang profesi yang saat ini banyak digandrungi adalah menjadi artis film. Menjadi aktor/aktris dalam sebuah film, pastilah bikin masyarakat pada umumnya tertarik untuk mencari peruntungan. Bukan hanya sekedar minat, namun hingga kemauan untuk masuk dalam jajaran artis nasional.
     Seniman akting, begitulah masyarakat menyebut seorang artis. beda dengan seniman lukis maupun seniman lainnya karena artis adalah seniman yang memainkan peran/mimik sebagai karyanya. bukan hanya dari itu saja, akting artis juga dinilai orang yang mewakili gambaran kehidupan masyarakat jaman sekarang.


     PARFI ( Persatuan Artis Film Indonesia ) adalah salah satu organisasi yang menaungi para artis regional maupun nasional. Berpusat di Jakarta, banyak diantara kalangan artis nasional yang bergabung di organisasi ini.

berikut adalah sejarah singkat parfi yang dikutip dari sumber parfi.info :

   "Lahirnya Persatuan Artis Film Indonesia (PARFI) berawal dari kevakuman kegiatan Sarikat Artis Indonesia (SARI) akibat masuknya Jepang ke Indonesia. Seiring dengan perjalanan waktu dan menjadi saksi sejarah, pada 10 Maret 1956 PARFI didirikan di Gedung SBKA Manggarai, Jakarta dengan sekretariat di Jalan, Kramat V Jakarta Pusat,  Ketua Umum yang pertama PARFI adalah Suryo Sumanto"
     
     Dan ketika era orde baru, parfi sempat dikabarkan membentuk sebuah badan politik dikarenakan banyak dari para artis yang terjun di dunia politik. Setelah berhasil melepaskan diri dari cengkaraman politik saat itu, PARFI semakin dikenal masyarakat Indonesia. Lewat berbagai kegiatan yang bermanfaat baik dalam segi budaya, sosial hingga pelestarian lingkungan. Cabang organisasi PARFI hingga saat ini hampir merambah seluruh nusantara sehingga tidak hanya terpusat di ibu kota namun hingga kota-kota besar lainnya.

      Sekian dahulu dari postingan kali ini, semoga para artis di nusantara ini mampu memberikan yang lebih baik bagi perfilman nusantara.












     

Sabtu, 25 Februari 2012

Tips Menjadi Supporter Terbaik : Nyanyian Dan Yel-yel ( Part 2 )


"Garuda... Di Dadaku.... "
"Garuda... Kebanggaanku..."
"Ku Yakin, Hari ini Pasti Menangg....!!!"
    
     Dalam mendukung tim kesayangan, pastinya harus punya nyanyian atau irama yang menggambarkan betapa tim yang dibela adalah tim yang hebat dan punya semangat yang tinggi. Nah, nyanyian atau irama apa saja yang harus dipakai dan yang tidak boleh... ???

      Kutipan lagu diatas merupakan salah satu lagu yang paling banyak dipakai untuk menyanyikan dukungan terhadap tim, klub maupun tim nasional yang dibela. Lagu ciptaan band nasional asal ibu kota Indonesia, Netral yang digawangi oleh Bagus, Eno dan Choky ,ini terinspirasi dari militansinya supporter Indonesia. Sehingga lagu ini seperti lagu wajib nomor kesekian untuk dinyanyikan di setiap pertandingan tim nasional Indonesia. 

    Postingan ini merupakan kelanjutan dari kisah Trilogi ( kayak komik donk... :p ) yakni Tips Menjadi Supporter Terbaik : Peralatan & Aksesoris ( Part 1 )   dimana postingan sebelumnya membahas bagaimana menjadi supporter terbaik dengan peralatan dan aksesoris yang ada dan sebagai penunjang dalam mendukung tim kesayangan.

     Dalam bernyanyi, tentunya butuh irama yang pas dan gak neko-neko. nyanyi yang seperti yel-yel,dimana berulang-ulang dan temanya tentunya tentang nama tim masing-masing. Dan masih ada yang harus diperhatikan dalam membuat yel-yel yang baik antara lain :

1. NO SARA ( Suku, Agama dan RAs ), INI PENTING....!!! karena kita bukan sekelompok supporter yang saling menyalahkan namun saling mendukung. 

2. Yel-yel dibuat semenarik mungkin. Kadang, lagu daerah maupun lagu-lagu yang lagi ngetren saat ini juga bisa dibuat yel-yel supporter.

3. ATM, Amati, Tiru, Modifikasi. Terkadang kita mencontoh yel-yel dari salah satu supporter tim lain, namun harap diingat, mencontoh bukan berarti mengambil semua yang ada, namun bagaimana cara kita merubah menjadi sesuatu yang berbeda daripada yang lain. ( CMIIW.. )

4. Sering-sering bikin lirik yel-yel, apalagi kalau sampai masuk dapur rekaman. Mantap tuh....

Sekian informasi tentang nyanyian atau yel-yel ini. Tunggu seri ketiganya yakni bagaimana membentuk supporter yang militan. Semoga bermanfaat dalam membentuk tim supporter yang KREATIF, BOMBASTIS, FUTURISTIK, MODERN DAN GAK KUNO...!!

Tunggu part 3 : membentuk supporter yang militan....

SALAM SUPPORTER !!!

Sabtu, 11 Februari 2012

Fenomena Warung Pinggir : Pergeseran Paradigma Kuliner


"WITING TRESNO JALARAN SOKO KULINER"

Jargon/slogan diatas melambangkan betapa rasa cinta bisa bersemi dalam hal kuliner makanan. Sebenernya slogan aslinya gak seperti yang diatas, tapi "witing tresno jalaran soko kulino", slogan yang berasal dari daerah jawa timuran, yang bermakna benih-benih cinta itu bisa timbul gara-gara sering bertemu. 

Sama seperti kuliner, semakin sering kita "ngicip-ngicip" a.k.a icip-icip makanan, semakin cinta akan makanan tersebut. Nah... yang terjadi saat ini adalah, makan itu gak harus dirumah, gak harus di restoran dan gak harus keluarin duit banyak. Masyarakat lebih sering menikmati makanan/kuliner yang suasananya guyub atau rame. Entah pinggir jalan atau di komplek perumahan maupun di pasar malam.


Pergeseran kuliner saat ini memang berdampak besar pada pola makan masyarakat, setidaknya mengacu pada banyaknya warung-warung makan yang memang menfasilitasi para kuliner's, sebutan bagi yang suka kuliner, untuk memberikan rasa nyaman dan suasananya bebas alias non formal. Ada yang fasilitasnya lengkap dengan live music, ada yang pake lcd big screen biar bisa nonton bola atau apalah, ada yang seperti pasar malam, pokoke muacem-muacem....

Jika dilihat dari sisi ekonomis atau biaya, gak terlampau mahal untuk seukuran warung-warung biasa. Memang sekarang warung-warung makanan menerapkan pola harga kaki lima, kualitas bintang lima dan yang penting banyak pelanggan. Sehingga, kalangan kelas bawah hingga kelas menegah keatas bisa merasakan suasana yang lain daripada yang lain. 

Sebenarnya banyak juga kuliner di surabaya dan sekitarnya yang menjajakan masakan T.O.P banget khas pinggiran. Contohnya :
1. Sego sambel ponorogo dkt daerah jagir surabaya, 
2. Sego sambel wonokromo dekat pasar wonokromo surabaya,
3. Ceker ayam lapindo dekat alun-alun sidoarjo,
4. Angkringan Gemblak dekat perempatan kerun ayu somoroto ponorogo,
5. Dan lain sebagainya.

Jadi jangan sampai melewatkan kuliner-kuliner hasil racikan anak bangsa. Dan dukung perekonomian masyarakat indonesia yang kreatif dan inovatif serta pelestarian kuliner-kuliner asli Indonesia.

sumber foto : suarakawan.com dan lensaindonesia.com

Minggu, 08 Januari 2012

Tips Menjadi Supporter Terbaik : Peralatan & Aksesoris ( Part 1 )


SALAM 2012,

Maaf saudara se-blogger, se-tanah air, se-dunia karna baru posting di awal 2012 ini. Biasa,, gejala kaum muda.. mudah mbelok fokusnya,... hehehhe

Kali ini akan membahas bagaimana menjadi supporter dalam berbagai pertandingan olahraga yang berciri khas MILITAN, GANAS, BOMBASTIS, FUTURISTIK dan lain-lain sebagainya. Mulai dari berbagai perlengkapan, nyanyian hingga kekuatan massa yang GILA.. Meski hanya sekelompok supporter kecil-kecilan alias mini, namun gak ada salahnya punya beberapa ciri khas seperti layaknya supporter besar. 

Postingan akan dipotong-potong a.k.a dicabik-cabik dalam beberapa bagian agar lebih fokus dalam memposting.

Part 1 : Peralatan Supporter.
Untuk menjadi supporter, gak cukup cuma "bondo" a.k.a modal teriak-teriak kalo tiada artinya ( lhooo.. rhoma irama donk. ) .maksutnya kalo tiada musiknya. Ini  ada beberapa aksesoris supporter yang kudu, wajib bukan sunah untuk dimiliki.

a. Bass Drum
Deskripsi : Drum ini bisa menciptakan irama boom dengung... mengelegar....

b. Senar Drum
Deskripsi : Suara yang dihasilkan seperti cempreng alias nyaring..
c. Stik Senar Drum
Deskripsi : Untuk menabuh senar drum, ada yang terbuat dari kayu atau bahan polymer.
d. Stik Bass Drum
Deskripsi : Untuk menabuh bass drum.
e. Air Horn, Terompet

Deskripsi : Untuk suara terompet biar seru aja.. hehehehe..
f. Kumpulan Sobekan Kertas kecil-kecil
 Deskripsi : biasanya untuk menciptakan suasana semburan...

g. TOA
Deskripsi : kalo gak ada ini, cuma bisa teriak2 biasa...
Nah, itu sebagian dari tips menjadi best supporter, masih ada yang lain. tunggu part 2 : nyanyian dan irama. ok

Salam Supporter Sejati..


Created with flickr slideshow.

blognya HMSF'08 Copyright © 2011 | Template Blog dibuat oleh O Pregador | Didukung oleh Blogger