Just a Blog, Not The Other...

Minggu, 13 November 2011

Kebun Binatang Surabaya : Diantara Polemik dan Kebanggaan


  Sebagai kebun binatang terbesar di asia tenggara, "Soerabaiasche Planten-en Dierentuin" atau dalam bahasa indonesianya kebun botani & binatang surabaya, begitulah nama kebun binatang surabaya ketika belanda masih memegang jajaran pada tahun 1916, KBS sangat diminati wisatawan lokal,domestik maupun luar negeri. Bukan hanya letaknya yang sangat strategis tepat di tengah kota surabaya, namun juga banyaknya jenis binatang yang ditampilkan di KBS ini.

  Warga Surabaya patut berbangga memiliki kebun binatang ini, mengapa ? selain sebagai tempat hiburan keluarga, juga sebagai tempat edukatif yang dimana kita dapat mengenalkan berbagai jenis binatang dimulai dari yang berjenis mamalia, reptil, amphibi dan yang lainnya. Ruang terbuka hijau yang luasnya sekitar 85.000 m2 juga menjadi daya tarik tersendiri, karena di Kota Surabaya sendiri saat ini minim ruang terbuka hijau, bahkan saat ini juga, telah banyak bertebaran ruang terbuka hijau yang telah diprogramkan oleh Pemerintah Kota Surabaya namun tak seluas kebun binatang surabaya.


  Semakin lama, semakin tua usia KBS. Di usianya yang ganjil 95 tahun, semakin banyak saja agenda yang tak beraturan. Kepemilikan KBS yang dipertanyakan, koleksi binatang yang mati mendadak, fasilitas yang kurang memadai adalah agenda-agenda yang hendaknya perlu ada penanganan serius. Media cetak dan media elektronik banyak yang membicarakannya. Jejaring sosial pun ikut berkomentar dan berkicau membahas agenda ini.


  Bahkan aksi dan demo turut serta dalam menanggapi agenda tersebut. seperti yang dilakukan oleh salah satu lsm lingkungan surabaya, tunas hijau surabaya. Mengajak pemuda-pemudi dan anak-anak sekolah dasar untuk memberikan aspirasinya.  Lebih lanjut bisa dilihat di websitenya, baca selengkapnya...



"Haruskah anak cucu kita mengenal jenis binatang dari cerita, foto atau boneka ?"


Sebagai Warga Surabaya, sepatutnya kita juga ikut melestarikan KBS, dengan tidak melanggar peraturan yang ada di KBS pun minimal cukup. Jangan cepat kita lantas naik pitam dalam menyelesaikan hal ini hingga adu otot. 

"Lek Awake Wong Suroboyo, kudu seneng Bonbin Suroboyo ! ". 
  




  







9 comments:

giriayoga mengatakan...

ini aset negara kita gan...dulu tempat ini jadi yang terbesar di Asia...kita harus membuat tempat ini berjaya kembali....

Mohammad Rofiuddin mengatakan...

Jos Gandooos.....

mrofiuddin.blogspot.com

ferry mengatakan...

Seharusnya pemerintah harus lebih tanggap lagi untuk menangani masalah ini karena bila bonbin tidakm dilestarikan apakah nantinya anak cucu kita hanya mengetahui berbagai macam binatang melalui cerita dan dongeng saja yah tanpa bisa menyaksikan secara langsung.
Jadi followers sini sobat

abufarras mengatakan...

Kebun binatang seperti ini memang harus dilestarikannya saudaraku...kalau kita tidak berperan aktif dalam melestarikan dan menjaganya lalu siapa lagi...

bergerak mengatakan...

karena uang semua pihak jadi berebut...
andai saja semua punya kesadaran untuk memajukan kebun binatang surabaya pasti tidak akan terjadi hal yang seperti ini.

DeWay mengatakan...

Wah senang juga ada blogger Surabaya yang pedulu dengan Bonbin.
http://ftw1974.blogspot.com/2011/10/kemelut-yang-terjadi-kebun-binatang.html
Ini postingan saya juga tentang keprihatinan KBS, saya juga share kan ke VivaNews, agar ini juga bisa menjadi perhatian semua pihak, bukan saja warga Surabaya.

Salam kenal juga dari Surabaya

Aji Prast mengatakan...

Mudah-mudahan KBS bisa tetap jaya, makin dicintai dan dihargai semua pihak.

Anonim mengatakan...

Ayo Rek,Jika kita bangga menjadi penerus generasi kita Yg terdahulu.Kota Surabaya adalah Kota Pahlawan Yg terkenal and termasyur.Tentunya Hal Tersebut masih melekat di sanubari kita.Jika Ada masalah seperti ini kita haruslah jadi Hero seperti yg terdahulu kita.Kita Harus sumbang dengan angan,pikiran Serta material.Cobalah Kasih pemasukan ke Pihak Bon Bin.Terimalah Investor Yg Mau mengelola dengan sistem Imbang dengan menguntungkan Berbagai Pihak.Cobalah di Pihak Bon Bin di bukakan Toko Makanan buat Satwa2&Pengunjung di sarankan untuk membelikannya buat Satwa2 Tersebut.Tentunya Pengunjung Akan punya pengalaman Baru Jika berkunjung ke Bon Bin dengan Charity buat Satwa2 di sana.Kalangan Dari Sekolah2 haruslah participan Dan cara bergilir.Itansi pemerintahan or swasta or pegawai Toko di galakkan untuk berkunjung.Bon Bin Surabaya adalah Special Asset Yg Sudah ada puluhan tahun.Jadi perlu di perhatikan secara seriuse.Satwa2 Di sana di Bon Bin Adalah Unik Dan ada Artisticnya Jika diketaunya.Wajah2 Satwa perlu di lestarikan Karena Ke unikan mereka.Gajah2 di dalam Bon Bin tidak lah selalu di naiki untuk para Pengunjung.Zaman Nya Sudah berubah.Perilakukan Satwa2 di sana secara terhormat &mendidik Pengunjung.Zaman sekarang Gajah bisa atraksi main Harmonica music Dan bisa melukis juga bisa mewarnai gambar.Sudah saat Pengunjung kita ajak partisipan untuk Charity Dan membahagiakan Satwa2 di sana.Makasih Dan Moga bermanfaat Serta Barokhah amalan kita.

tejo mengatakan...

makasih bos infonya dan salam sukses

Posting Komentar

Terima Kasih sudah berkunjung, maka langkah selanjutnya adalah :
1. Silahkan Ber-Comment, No SARA, yang penting GEMBIRA...
2. Tukar Link blog anda di Halaman/Page Tukar L.I.N.K
3. Silahkan Berkunjung Kembali.

Semoga Mendapat Berkah.. Amin..


Created with flickr slideshow.

blognya HMSF'08 Copyright © 2011 | Template Blog dibuat oleh O Pregador | Didukung oleh Blogger