Just a Blog, Not The Other...

blogger upn

Kamis, 08 Desember 2011

4 dan 9 Desember : Hari Artileri dan Armada, Kekuatan dan Daya Tarik


Dalam keseharian kita, tentunya sebagian orang sering melihat kabar tentang perang di radio, televisi, media cetak hingga media warta online. Tak ada dalam satu hari yang tidak menayangkan atau mengabarkan suasana perang dan demo besar-besaran. Nah apakah anda tau, bahwa didalam peperangan tersebut terdapat beberapa komponen-komponen yang saling terintegrasi, misalnya armada dan artileri.

Arti kata dari Armada sendiri adalah rombongan kapal perang atau rombongan suatu kesatuan tentara. Didalam armada sendiri terdapat beberapa kelompok ataupun fungsinya sendiri-sendiri. Memang, armada selalu diidentikkan dengan suasana kelautan dimana armada mengacu pada kapal perang ataupun kapal dagang yang sering melintas.

Nah, bagaimana dengan armada didalam TNI kita? sebagai negara maritim atau kepulauan, tentunya dalam menjaga perbatasan wilayah NKRI diperlukan armada yang kuat dan berkompeten. Dengan adanya armada, pasukan TNI kita mampu memproteksi perairan Nusantara dan sekaligus kunjungan armada dari satu negara ke negara lain yang dimana memperkenalkan armada Indonesia di mata internasional.


Setelah kita membahas definisi armada, sekarang definisi artileri yang akan kita bahas. Artileri, seperti dalam peperangan jaman kuno, artileri sering diartikan sebagai persenjataan darat. Artilleri, dalam bahasa prancis mendefinisikan persenjataan berat apapun yang dapat melontarkan proyektil di medan perang. Memang definisi ini tidak salah, melihat persenjataan kelas berat yang daya ledaknya tinggi serta melontarkan proyektil sejauh yang ingin diperkirakan. Pasukan TNI kita juga mempunyai sebutan untuk artileri berat tersebut, namanya ALUTSISTA yang kepanjangan dari ALat UTama SIstem SenjaTA. Beberapa buah alutsista merupakan hasil anak negeri sendiri. Nah ALUTSISTA sendiri menunjang untuk beberapa medan perang, seperti di lapangan luas maupun medan lainnya.

Mari kita patut berbangga dengan kehadiran armada dan artileri khususnya alutsista para pasukan TNI kita, karena apapun yang digunakan nanti, rasa nasionalisme akan menjadi senjata paling utama.


9 comments:

srulz mengatakan...

Cita Citaku sejak kecil....
walaupun, Just A Dresm...... ^^
--that never come,,,, ---

Mukti mengatakan...

semakin kuat ya berarti negera kita nich. Siap tempur

giriayoga mengatakan...

semakin rajin berlatih...pasti semakin kuat... :D

Aji Prast mengatakan...

Setuju sekali... rasa nasionalisme akan menjadi senjata paling utama. ~ Cinta Indonesia ~

SaikoInk mengatakan...

makasih buat artikelnya ya bos bisa buat nambah referensi, mohon kunjungan baliknya ya :)
http://saiko-ink.com/category/blog

Unknown mengatakan...

:D salam super balik mas surya , salam dari TF angkatan '11! maju terus blogger indonesia, maju terus blogger upn!

Persadablog mengatakan...

Selamat berjuang pahlawanku

PANRITA'E mengatakan...

MANTAP, SELAMA JIWA NASIONALIS TETAP TERJAGA DAN TIDAK DIKOTORI OLEH UANG MAKA, ANAK CUCU KITA AKAN MELIHAT NEGERI INI MENJADI PEMIMPIN DUNIA. LUPAKAN UANG DEMI NEGERI INI.

Dentist Geelong mengatakan...

Salute to all men in uniform who serve the country.

Posting Komentar

Terima Kasih sudah berkunjung, maka langkah selanjutnya adalah :
1. Silahkan Ber-Comment, No SARA, yang penting GEMBIRA...
2. Tukar Link blog anda di Halaman/Page Tukar L.I.N.K
3. Silahkan Berkunjung Kembali.

Semoga Mendapat Berkah.. Amin..


Created with flickr slideshow.

blognya HMSF'08 Copyright © 2011 | Template Blog dibuat oleh O Pregador | Didukung oleh Blogger