Just a Blog, Not The Other...

blogger upn

Kamis, 01 Desember 2011

1 Des : Hari Aids, Refleksi dan Kepedulian.


AIDS, gejala infeksi yang saat ini menjadi perbincangan kalangan cendekiawan, dimana gejala yang menyerang sistem pertahanan tubuh ini, belum ada obatnya, hanya pencegahan yang dapat menjadi penyelamat satu-satunya. Virus HIV yang berperan besar dalam penularan AIDS merupakan virus yang menyerang sistem kekebalan tubuh dan rentan akan berkembangnya penyakit tumor.

HIV/AIDS ini dalam beberapa tahun terakhir, peningkatan korban sangat signifikan. Berdasarkan  data dari koran jawa pos dan bersumber dari dinkes surabaya, kasus AIDS yang banyak terkena berdasarkan kelompok umur : 15-20 tahun,, sedangkan berdasarkan kelompok resiko, Pengguna jarum suntik narkoba dan heteroseksual mencapai hampir 500 penderita AIDS.

Berdasarkan statistik diatas, saat-saat yang paling rawan dalam penularan HIV/AIDS adalah masa-masa remaja menuju dewasa dan pergaulan bebas. Hal semacam ini hendaknya dapat ditanggulangi dengan berbagai cara, tentunya dengan bantuan semua pihak agar penanggulangan dapat diatasi secara berkala. Saat ini pun, minggu-minggu menjelang hari AIDS, banyak komunitas dan lsm-lsm yang bersosialisasi kepada masyarakat dan kehidupan sekolah maupun kampus agar sadar diri dalam penularan HIV/AIDS. Tentu semua itu harus didukung secara penuh agar semua mendapat hikmahnya.

Tak terbayangkan, pengidap HIV/AIDS mendapat hukuman sosial atau stigma dari masyarakat. Diskriminasi, penolakan dan tindakan pengasingan justru menjadi beban tersendiri. Seharusnya stigma seperti itu bisa dihilangkan, agar tidak menjadi paradigma yang salah. Marilah saling support, saling menggingatkan satu sama lain dan tentunya menjaga diri dalam pergaulan.

Semoga menjadi bahan renungan kita dalam menata kehidupan yang lebih baik.


5 comments:

Workshop Bisnis Online mengatakan...

berkunjung sob..salam blogger
sukses selalu yah..

ronie mengatakan...

kunjungan balik agan, salam kenal

ODHA mengatakan...

Yang paling kasihan orang yang terinfeksi HIV/AIDS bukan karena kesalahannya, tapi karena kesalahan orang terdekatnya. Seperti istri yg terjangkit HIV dari suaminya yg suka "jajan sembarangan", dll.

trenfo mengatakan...

berkunjung... salam blogger indonesia........... semoga sukses selalu...


www.trenfo.blogspot.com

SlameTux mengatakan...

Mudah-mudahan penderita HIV/AIDS bisa berkurang bahkan tidak ada lagi yang terjangkit di indonesia ini...

Posting Komentar

Terima Kasih sudah berkunjung, maka langkah selanjutnya adalah :
1. Silahkan Ber-Comment, No SARA, yang penting GEMBIRA...
2. Tukar Link blog anda di Halaman/Page Tukar L.I.N.K
3. Silahkan Berkunjung Kembali.

Semoga Mendapat Berkah.. Amin..


Created with flickr slideshow.

blognya HMSF'08 Copyright © 2011 | Template Blog dibuat oleh O Pregador | Didukung oleh Blogger